Cara Menginstal MT4 Pada Linux

Sebelum saya mencoba untuk menulis artikel mengenai judul tersebut diatas, ada baiknya apabila saya bertanya kepada anda semua para pembaca yang budiman? Apakah semua user pengguna PC ataupun Laptop akan memiliki persamaan dalam menggunakan OS? Apakah semua user akan mengalami kesulitan yang sama? pastinya para pembaca akan menjawabnya dengan Tidak.

Benar sekali, sudah pasti setiap user akan memiliki perbedaan serta tanggapan dalam menggunakan OS yang ia pilih. Lalu dari masing-masing perbedaan OS tersebut, apakah user tersebut akan mengalami kesulitan dalam menginstal sebuah software metatrader untuk kegiatan trading? Sudah pasti salah satu dari OS yang user gunakan akan mengalami kesulitan dalam hal tersebut.

Saya mencoba untuk mengambil 1 OS yang mengalami kesulitan dalam menginstal software Metatrader 4, yakni OS’a si Pinguin,begitu anda selesai registrasi pada salah satu broker forex, lalu anda diminta untuk mendownload software metatrader 4 (MT4),  begitu anda selesai mendownload, lalu anda coba untuk menginstalnya, eng…ing…eng….. Ko ga bisa ya…?

Dari kesulitan itulah, saya akan membuat artikel seperti pada judul diatas, untuk dapat mengatasi kesulitan yang anda temukan. Namun sebelumnya apabila anda menggunakan os si pinguin, pastinya anda tidak akan menemukan kesulitan dalam menggunakan program mikocok, karena dapat disokong dengan menggunakan emulator, seperti yang banyak kali digunakan dan selain itu, gratis lagi, freeware yang terkenal tersebut ialah WINE. Namun wine sendiripun masih memiliki kelemahan, dimana wine sendiri hanya menyediakan emulator tanpa DLL yang secara lengkap.

Untuk menambal kekurangan yang terdapat pada emulator wine, berikut ini script yang dapat untuk anda gunakan.

1. Pastikan WINE telah terinstal di OS pinguin  anda, selain menggunakan wine, bisa juga anda menggunakan CrossOver dari Codewaver.  Namun pada umumnya distro besar seperti openSUSE, Ubuntu, Fedora dan lain-lain sudah menyertakan dalam paket mereka.

2. Silalahkan anda copy semua font dari komputer yang ber-OS Windows [C:WINDOWSFonts], kedalam direktori WINE.
Sebagai contoh, kita sudah mengopi dari C:WINDOWSFonts ke flashdisk. lalu kita masuk kedirectory WINE. Umumnya terdapat di /home/pendulang/.wine/. Kemudian copy semua file yang ada di C:WINDOWSFonts ke drive_cwindowsfonts

3. Copy DLL files yang dibutuhkan, kemudian ambil dari Windows kembali [C:WINDOWSsystem32]. Copy semua file yang berawalannya adalah mfc4*.
Sama seperti pada font diatas, lalu copy semua file berawalan mfc4 yang sudah dicopy tadi ke drive_cwindowssystem32

4. Kemudian silahkan anda download installer MetaTrader 4 (MT4).

5. Lakukan instalasi. Cukup dengan double klick (jika file .exe sudah diasosiasikan dengan WINE), namun apabila tidak bisa didouble klik, maka harus dengan konsole. Buka konsole dan masuk kedirektori dimana tempat instaler MT4 anda berada. Kita asumsikan nama filenya mt4setup.exe. Kemudian silahakn anda ketik: wine mt4setup.exe

6. Biasanya pengguna KDE akan menjumpai icon program yang baru saja selesai diinstal yang berada pada desktop. Jalankan MT4 yang sudah selesai diinstal tadi.

setelah mengikuti tahapan diatas, mudah-mudahan kesulitan yang anda hadapi sudah bisa terselesaikan. Selain berguna untuk instalasi MT4, tahapan diataspun juga dapat mengatasi masalah pada liquify yang terdapat pada Adobe Photoshop 7.